Kamis, 23 Februari 2012

OBJEK WISATA DI JOGJA / YOGYAKARTA



Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata terbesar kedua setelah Bali . Berbagai macam tempat-tempat  wisata menjadi tujuan bagi para wisatawan baik luar negeri maupun dalam negeri. Berbagai jenis obyek wisata dikembangkan di wilayah ini, seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata belanja, bahkan yang terbaru wisata malam. Mari kita kupas masing masing sektor tersebut.
 
Lahar Gunung Merapi
Kita mulai  dari wisata alam. Yogyakarta menawarkan 2 objek utama yaitu wisata pegunungan di sebelah utara dan wisata pantai di bagian selatan. Di ujung utara Yogyakarta, Anda dapat melihat Gunung Merapi berdiri dengan gagah. Gunung ini adalah salah satu dari gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Kaliurang menawarkan kesejukan serta pemandangan gunung Merapi. Bagi yang ingin melihat bekas dahsyatnya letusan gunung Merapi bisa melihatnya di Kaliadem ataupun Kinahrejo, tempat almarhum Mbah Maridjan tinggal.   
 
Pantai Indaryanti
Di bagian selatan Yogyakarta, Anda akan menemukan banyak pantai. Pantai yang paling terkenal adalah Pantai Parangtritis karena lokasinya yang paling mudah dijangkau. Selain itu juga ada pantai lain seperti Kuwaru, Glagah, Baron, Parangkusumo dan  Samas. Di daerah Gunungkidul terdapat pantai-pantai alami yang indah memiliki pasir putih yang sangat eksotis yaitu Pantai Drini, Sundak, Kukup, Siung, Krakal, Wediombo, Ngrenehan, Ngobaran, Gesing, Sadeng dan yang terbaru adalah pantai Indrayanti.
Candi Borobudur
Untuk wisata sejarah, Candi Borobudur dan Candi Prambanan menjadi obyek wisata yang masih disukai oleh para wisatawan. Borobudur salah satu 7 ke ajaiban dunia yang dimiliki oleh Indonesia, Candi ini yang menarik minat wisatawan untuk mengunjungi dan ke ingin tahuan candi yang memiliki umur ribuan tahun. Tidak kalah dengan Borobudur, Prambanan merupakan tempat favorit para wisatawan untung berkunjung kesana. Candi yang terletak di sebelah timur kota Yogyakarta ini, memiliki panorama yang indah bagi para wisatawan.
Objek lainnya yang ramai dikunjungi adalah Kraton. Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya semata, Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut. Di tempat ini wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup serta dilestarikan. Meski sudah berusia ratusan tahun dan sempat rusak akibat gempa besar pada tahun 1867, bangunan Kraton Yogyakarta tetap berdiri dengan kokoh dan terawat dengan baik. Di sekitar kraton juga terdapat beberapa objek sejarah antara lain Taman Sari, Masjid Agung, Alun-alun dan bangunan-bangunan tua disekitarnya. Objek sejarah lainnya adalah Monumen Jogja Kembali, Benteng Vendenburg, Gedung Agung, Museum Afandi, dan lain-lain.
Sebagai kota budaya, Yogyakarta adalah kota tua yang relatif terjaga kelestarian budayanya. Sampai saat ini dan tidak berlebihan jika yogyakarta dikatakan pusat kebudayaan khususnya kebudayaan jawa sehingga banyak ditemukan peninggalan sejarah massa lampau yang memiliki nilai wisata.

Malioboro
Wisata belanja yang dari dulu dan sampai sekarang ini selalu diminati para wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah wisata belanja di kawasan Malioboro. Disini Anda dapat membeli berbagai macam kerajinan, souvenir, kaos, batik. Diujung selatan Malioboro terdapat pasar Bringharjo yang menjadi pusat grosir batik. Objek belanja lainnya adalah kerajinan gerabah di Kasongan, kerajinan kulit di Manding Bantul, Pasar seni Gabusan, dan Pasar Klithikan (pasar khusus barang-barang bekas).

Yogyakarta merupakan tempat tradisi dan dinamika modern berjalan berdampingan. Suasana Kota Jogja tidak dapat ditemukan di kota-kota lainnya. Kombinasi yang unik antara candi-candi kuno, sejarah, tradisi, budaya, dan kekuatan alam menjadikan Yogyakarta sangat layak untuk dikunjungi.

AYO BERKUNJUNG KE YOGYAKARTA !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar